Sabtu, 19 September 2009

Labil

okeh kali ini gw akan curtak bukan curhat. curtak itu curahan otak. kenapa curahan otak? karena yang gw bagikan adalah pikiran, bukan perasaan, karena otak itu berpikir, bukan merasa. dan hati itu merasa bukan berpikir, jadinya curhat. tapi kali ini gw curtak, bukan curhat.

ini yang akan saya bagikan
beberapa temen gw bilang kalo gw labil. dan gw berpikir,

"apakah saya labil?"

untuk menjawab pertanyaan itu gw mencoba mencari arti kata dari labil itu sendiri

menurut KBBI, labil artinya "goyah, tidak mantap, tidak kokoh". sedangkan mobil artinya "kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin yang ada padanya". tapi gw yakin lo semua gak perlu pengertian tentang mobil, jadi kita bahas labilnya saja.

gw berpikir.. "apakah pendirian saya goyah? tidak mantap? tidak kokoh?"
goyah? memang gw beberapa kali goyah sih.. tapi gak sesering itu untuk bisa beberapa orang menyadari atau menyimpulkan bahwa saya labil. jadi gw merasa gw tidak goyah.. setidaknya tak segoyah itu.
apakah saya tidak mantap? okeh, pertanyaan itu terdengar dangdut. dan gw juga gak bakal menjawab: "ya, saya mantap!" karena itu lebih dangdut. jadi gw memutuskan untuk tidak menghiraukan pertanyaan ini.
apakah saya tidak kokoh? hmm.. tidak kokoh.. kalo masalah perasaan sih mungkin gw tidak kokoh, atau mungkin gw kokoh? gw gak tau kokoh itu kayak gimana.. jadi gw juga bingung.. tapi mungkin gw memang tidak sekokoh itu.. soalnya kadang gw rapuh.. yah mungkin gw tidak kokoh..

okeh, gw bingung.. apa yang membuat seseorang itu labil atau terlihat labil? dan apa pengertian dari labil secara umum itu sendiri? (gak selalu pengertian orang' akan suatu kata itu sama dengan pengertian sebenarnya, misalnya: kata 'ansos', pengertian orang' adalah tidak bergaul, pendiam, penyendiri, tapi arti sebenarnya adalah orang yang anti peraturan, yang tidak suka dengan cara hidup orang pada umumnya, dan biasanya orang yang anti peraturan itu cenderung malah tidak pendiam. pengertian ini gw tangkap dari penjelasan Marganda, kalau gw salah menangkap tolong perbaiki). gw menulis hal ini di blog, dengan harapan ada beberapa kawan yang bisa membantu saya dalam memecahkan permasalahan ini. apakah betul saya labil? apakah saya memang betul' labil atau hanya terlihat labil? apakah saya labil menurut arti sebenarnya, atau labil menurut pengertian umum?

semua jawaban, komentar, atau tanggapan yang membantu sangat saya hargai.

3 komentar:

sandra jasmine firyal mengatakan...

pengertian umum dari labil itu sendiri apa? sampai sekarang saya tidak tahu pengertian umum dari labil -.-

shutrwin mengatakan...

labil menurutku perasaan yang mudah berubah-ubah... kadang merasa menyukai sesuatu dg sangat tapi tiba2 karena suatu hal yang sepele jd benci ntar suka lagi,,, ya itu pernah ak rasakan...

Tapi mungkin ak bukan orang yang labil, atau mungkin juga iya... karena ak pikir tak selamanya ak labil dan tak selamanya pula ak stabil

nita banget mengatakan...

Ikut nimbrung membahas kata labil.
Org labil sama dgn tidak kokoh dan mudah berubah.. Yg saya tau labil bukan satu pribadi yg buruk.. Seseorang dan siapapun bisa labil dikarenakan banyak hal;
bisa jadi dari pengalaman itu diapun merasa ragu, takut akan keputusan atau hal apapun yg nantinya akan membuat dia merasa kecewa